Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Masjid Agung Al Ikhlas Wonosari



    Terletak di Jantung Kota Wonosari, tepatnya (Jl.Alun-alun Barat Wonosari Gunungkidul), Wonosari, 55283, Indonesia, ini ada di sebelah barat alun-alun Wonosari, Masjid Agung Al-Ikhlas Wonosari menawarkan suasana tempat ibadah yang sangat nyaman. Arsitekturnya yang megah membuat ruangan dalam masjid ini sangat representatif bagi para jamaah. Sebagai masjid terbesar di Wonosari, Al-Ikhlas sering menjadi sentra pelaksanaan ibadah wajib maupun sunnah seperti Ibadah Jum’at, manasik haji, pengajian-pengajian, kursus-kursus agama Islam, perayaan Idul Fitri dan Idul Adha, sebagai pusat kegiatan di bualan ramadhan, dan lain sebagainya. 


    Masjid Agung Al-Ikhlas memiliki ruang sholat yang luas, sarana MCK, tempat wudhu, tempat parkir dan memiliki menara adzan yang menjulang tinggi dan berbentuk unik. Di kompleks masjid, tepatnya di belakang masjid, juga terdapat Pondok Pesantren yang didirikan oleh (Alm.) Haji. Mohammad Hussein yang pernah menjabat sebagai Imam besar Masjid Agung Al Ikhlas, TK ABA II Wonosari di sebelah utara, Kantor Departemen Agama, serta sekolah Muhammadiyah. 



    Arsitektur masjid ini juga cukup menarik. Jika mayoritas masjid di negeri ini memiliki kubah diatasnya, Al-Ikhlas mengadopsi desain lokal berupa atasan berbentuk yang limasan seperti yang banyak digunakan untuk rumah-rumah tradisional di Yogyjakarta. Sementara itu, menara adzan yang dibangun di bagian depan samping masjidjuga dihiasi secara unik.

    Serambi Masjid Al-Ikhlas cukup luas dan dibangun agak tinggi dari titik nol tanah sehingga sangat “semilir” istilah Jawanya. Serambi ini sering digunakan untuk beristirahat orang-orang yang kebetulan singgah sekaligus pertemuan-pertemuan kecil. Dengan area parkir yang cukup luas, kompleks Masjid ini juga banyak digunakan oleh sekolah-sekolah di sekitarnya untuk mengadakan kegiatan seperti Baris Berbari, Pramuka, maupun Tonti.
    Lihat Peta Lebih Besar

    No comments

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728