Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Masjid An-Nurumi

    Masjid An- Nurumi
    Alamat : Jl. Yogya-Solo Km 15, Candisari, Kec.Kalasan, Kab.Sleman

    Bangunan masjid yang ada di Jogja ini, karena memiliki kubah yang berwarna-warni maka masjid ini sering disebut dengan masjid permen. Masjid yang berada di Jalan Solo KM 15 ini, juga sering disebut dengan masjid Kremlin.

    interior masjid An Nurumi


    Tak hanya di bagian luar, keunikan juga terlihat di dalamnya. Pada bagian dalam menara terdapat tulisan ayat-ayat suci Al Qur'an, juga dengan warna-warna terang. Tulisan tersebut tersusun rapi dari atas hingga ke bawah di sepanjang bagian dalam menara.

    Masjid An Nurumi Dari depan


    Masjid yang letaknya dengan dengan Candi Kalasan ini kubahnya menyerupai atap Katedral Santo Peter, Moskow, Russia. Karena bentuknya yang tidak terlalu besar maka ketika bulan Ramadhan, masjid ini hanya sering menjadi tempat untuk melaksanakan kegiatan Takjilan karena tidak dapat menampung jama’ah yang banyak untuk salat tarawih.

    Masjid An Nurumi Dari Belakang


    Sejarah masjid tersebut didirikan pada 2005 dan selesai dua tahun kemudian. Masjid unik ini diresmikan penggunaannya oleh Sultan Hamengkubuwono X sebagai tempat beribadah warga sekitar dan para pelancong yang kebetulan melintas di kawasan perbatasan Jateng-DIY.

    Menurut penjaga masjid, tujuan didirikannya masjid ini ialah sekedar untuk menjadi tempat peribadatan sekaligus tempat persinggahan bagi orang yang melintasi jalan sekitar ini. Karena warna kubahnya yang unik, membuat orang menyempatkan datang ke tempat ini untuk mengetahui jenis bangunannya, dan tidak sedikit orang yang mengira bangunan ini adalah tempat bermain.


    diambil dari : http://tinyurl.com/kzdgx5u

    No comments

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728